Piëch GT 1000 HP Terungkap, Konsep Mobil Sport Dari Startup Ternama

Recado Automotive – Didirikan pada tahun 2017, Piëch Automotive pertama kali menjadi pusat perhatian di pameran mobil Jenewa 2019 ketika perusahaan tersebut memperkenalkan Mark Zero. Mobil sport dua tempat duduk ini ditenagai oleh baterai lithium-ion Tiongkok jenis baru yang diklaim sangat efisien dan mampu mengisi ulang daya 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari lima menit. Dengan harga yang setara dengan sekitar $150.000, kendaraan listrik tiga roda berpenggerak semua roda (all-wheel-drive) berkekuatan 611 hp ini dirancang sendiri dan awalnya dijadwalkan untuk diproduksi dalam jumlah kecil pada tahun 2024. Sedan empat pintu dan SUV adalah karena mengikuti.

Piëch Automotive adalah ayah dari Rea Stark Rajcic dan Anton M. (Toni) Piëch, putra Ferdinand Piech. Namun, Piëch yang lebih tua secara eksplisit mengkritik proyek tersebut, dengan mengatakan, “Saya sama sekali tidak terlibat, dan saya juga tidak tertarik secara aktif di dalamnya.” Aduh.

Setelah upaya itu gagal, Toni Piëch memulai lagi, kali ini dengan Tobias Moers, mantan orang nomor satu di Mercedes-AMG dan Aston Martin, dan chief technical officer Ralph Illenberger. Mereka memperkenalkan desain baru yang lebih modern dan mengembangkan konsep teknik yang lebih maju, dengan harapan dapat menarik investor baru. Jika semua berjalan sesuai rencana, Piëch GT 2.0 pertama berkekuatan 1.000 hp seharga $200.000 plus yang dibuat oleh Multimatic (yang terkenal dengan Ford GT) di Kanada akan diluncurkan pada tahun 2028.

Masih hanya model tanah liat ukuran penuh, mobil dua-plus-dua tempat duduk ini adalah karya David Seesing, yang ketenaran terbarunya adalah TVR Griffith FOR4D yang lahir mati. Mobil sport seberat 4000 pon yang dinamai salah satu raksasa industri mobil Eropa ini memiliki panjang 188,2 inci, lebar 78,7 inci, dan tinggi 53,1 inci. Ia menggunakan wheelbase 109,4 inci, dan bagian perut serat karbonnya diisi dengan 16 modul baterai, yang masing-masing berisi 312 sel silinder individu. Kapasitas totalnya bertambah hingga 90,0 kWh, yang menggerakkan dua motor listrik, masing-masing menghasilkan 503 tenaga kuda dan 406 pon-kaki untuk menghasilkan keluaran gabungan lebih dari 1000 tenaga kuda dan torsi 800 pon-kaki.

Kecepatan Tertinggi 187 MPH

Meskipun prototipe pertama yang berjalan belum akan selesai sebelum akhir tahun depan, Piëch sudah mengiklankan angka-angka performa penting termasuk kecepatan tertinggi 187 mph, waktu akselerasi 2,6 detik hingga 62 mph, dan jangkauan WLTP 312 mil—hal yang solid. , tapi tidak ada yang tidak dapat ditandingi oleh Porsche Taycan Turbo baru dengan harga yang sama. Oleh karena itu, pendatang baru juga harus mendapatkan skor dengan aset lunak seperti kelangkaan, penyesuaian, dan, yang paling penting, pengalaman berkendara yang dianggap benar-benar emosional.

Desainnya, yang merupakan perubahan radikal dari upaya awal yang dilakukan sendiri, menegaskan dimulainya kembali. Ini menggabungkan sentuhan Inggris yang halus dengan proporsi GT standar, soliditas Jerman yang tebal, dan detail yang memuaskan seperti lampu depan dan belakang yang rumit serta roda mesin 22 inci. Kami belum tahu seperti apa interiornya, tapi Tobias Moers bersikukuh bahwa Piëch GT akan menawarkan pilihan warna dan trim seluas mungkin dan tidak ada dua mobil yang sama. Itu karena personalisasi meluas ke perangkat lunak dengan mengundang pengguna untuk membuat soundtrack individual, menggunakan mode penggerak dinamis, dan bahkan menghasilkan getaran buatan.

Dasar-dasar Piëch GT cukup jelas. Suspensi multi-link berbahan baja di depan dan belakang, tersedia rotor serat karbon, dan kemudi menawarkan rasio dan tenaga yang bervariasi. Opsi steer-by-wire dapat ditambahkan pada tahap selanjutnya. Tidak ada pegas udara yang mewah, tidak ada anti roll-bar yang aktif, tidak ada kemudi roda belakang, tidak ada penggerak semua roda. Fitur yang paling mencolok mungkin adalah tata letak Piëch Dual2Drive, yang membagi tugas penggerak menjadi dua, mengalokasikan motor yang beroperasi secara independen ke setiap roda belakang.

Motor dan roda dihubungkan melalui gearbox dua kecepatan. Kedua unit daya memiliki vektor torsi, kontrol traksi, dan properti rasio penguncian variabel yang terpisah yang dirancang oleh Piëch Torque Controller yang dikombinasikan dengan POSA FOR4D, kependekan dari Performance Oriented Software Architecture. Rasio gigi pertama 1:9, kedua berkaki lebih panjang 1:5.

Ralph Illenberger merinci prinsipnya: “Sistem Dual2Drive mentransfer kesan khas mobil sport yang kita kenal dari model mesin pembakaran berperforma tinggi ke ranah EV yang lebih senyap. Kekuatan utama e-motor adalah kemampuannya untuk melepaskan tenaga. torsi maksimum instan pada rpm rendah. Kelemahan utamanya adalah kurva torsi-tenaga yang menurun pada rpm tinggi yang menghambat akselerasi kecepatan tinggi dengan throttle penuh.

“Kami mengkompensasi kelemahan ini dengan menekankan tenaga dibandingkan torsi: Peralihan dari posisi pertama ke posisi kedua, baik secara manual atau sebagai bagian dari mode berkendara yang dipilih, memberikan sensasi familiar yang terasa seperti efek peningkatan kecepatan tinggi dan putaran tinggi yang khas. dari mobil sport tradisional.”

Dia mengklaim penyaluran tenaganya lebih kuat dan progresif daripada linier dan sintetis, yang diduga mengingatkan pada GT bermesin pembakaran kuno.

Inovasi lain yang Piëch klaim akan membuat perbedaan besar adalah baterai dan sistem pendingin rumit yang menjamin kesehatan termal drivetrain bahkan di trek dan ketika dihubungkan ke pengisi daya cepat 500 kW. Intinya, GT menggunakan sel 21700 standar industri yang sama dengan berbagai macam perkakas listrik genggam. Di antara pemasok yang tersedia adalah merek rumah tangga seperti Samsung dan Panasonic serta spesialis berdedikasi seperti EVE (Tiongkok), Molycell (Taiwan), dan Universell (Jerman).

Biaya bukanlah masalah utama di sini. Dengan tarif seluler berkisar antara 2,8 hingga 4,0 Euro untuk item 4,5 amp, harga paket daya lengkap bervariasi antara $16.000 dan $20.000—kurang dari sepersepuluh harga yang diminta kendaraan secara keseluruhan. Yang lebih menentukan adalah faktor-faktor seperti kepadatan energi, ketahanan panas, degradasi, dan keamanan. Karena pendinginan adalah kuncinya, Piëch telah memulai tata letak perendaman total bersegel multi-redundan yang mencakup dua sirkuit oli, dua sirkuit air, dan dua pendingin untuk berjaga-jaga untuk memastikan stabilitas maksimum bahkan dalam kondisi pengoperasian yang ekstrem. Tobias Moers menyindir: “Kami dapat menyalurkan energi pada maksimum konstan 500 kW dari awal hingga akhir, meningkatkan status pengisian daya dari 10 menjadi 80 persen dalam waktu kurang dari 10 menit, yang mana hal ini tidak buruk sama sekali mengingat keterbatasan infrastruktur saat ini.”

Arsitektur kendaraan modular memadukan monocoque serat karbon dengan sub-rakitan ujung depan aluminium dan modul gandar belakang baja. Meskipun jarak sumbu roda ditentukan oleh ukuran baterai, sebenarnya tidak ada batasan jumlah potensi gaya bodi. Sementara Tobias Moers mengesampingkan coupe empat pintu (“semua orang memilikinya, tetapi pasar tampaknya tidak menyukainya”), sebuah SUV, sedan dengan jarak sumbu roda yang diperpanjang, dan segala jenis mobil yang dipesan lebih dahulu semuanya ada di pasaran. daftar pendek. “Kami tidak akan melakukan facelift,” kata Moers. “Sebaliknya, rencananya adalah menggunakan platform generasi pertama dalam dua siklus lima tahun yang relatif singkat dengan desain ulang yang menyeluruh atau perluasan jangkauan di tengah-tengahnya.” Sementara beberapa startup memulai strategi penjualan dan pemasaran online, Piëch akan melakukan hal-hal dengan cara tradisional dan menunjuk sekelompok dealer barang mewah kelas atas, dengan fokus awal di Timur Tengah dan Eropa, kemudian diikuti oleh Amerika Utara dan Asia.

Setelah bekerja dengan Multimatic sebelumnya ketika dia menjalankan pertunjukan di AMG (untuk AMG One) dan Aston (Valkyrie), Tobias Moers tidak melihat alasan untuk mencari mitra R&D baru ketika dia menandatangani kontrak di garis putus-putus di Piëch. Idenya adalah untuk membangun batch awal sebanyak 2000 mobil pada tahun 2028 dan 2029, untuk meningkatkan produksi menjadi 4500 atau bahkan 5000 unit dengan penambahan model empat pintu kedua, dan untuk mencapai batas awal 7000 hingga 8000 kendaraan per tahun. pada awal siklus hidup kedua pada tahun 2033 ketika SUV tipe Purosangue kemungkinan akan ikut serta.

Toni Piëch memperkirakan perusahaan akan mencapai titik impas pada tahun 2029 dan memperoleh keuntungan pada tahun berikutnya. Saat ini, perusahaan ini memiliki 70 investor kecil dan 30 karyawan tetap, namun jumlah ini diperkirakan akan melonjak karena putaran kedua pembiayaan akan menghasilkan lebih dari dua kali lipat investasi awal. Pendanaan di Timur Tengah sangatlah penting, dengan kantor keluarga dan dana pengelolaan kekayaan lokal merupakan salah satu pendukung utama pendanaan ini.

“Keajaiban ada pada mereknya,” klaim Toni Piëch, yang tiba di lokasi peluncuran di Stuttgart dengan mengendarai Ferrari F12 putih berpelat Swiss, bukan dengan Urus atau Huracán miliknya, dan tentu saja bukan dengan Bugatti Voiture Noire unik milik mendiangnya. komisi khusus terakhir ayah.

“Merek tentu saja bergantung pada produknya, yaitu 80 persen Tobias. Peran saya adalah menjadi wirausaha yang harus mempertahankan perusahaan ini dengan meyakinkan pendukung kami bahwa kami akan bertahan.” Di sisi R&D, sekutu nomor satu Piëch mungkin adalah Bosch Engineering Group (BEG), yang setuju untuk mendalangi integrasi kompleks perangkat keras dan perangkat lunak melalui unit kontrol pusat yang sangat fleksibel dan koneksi bus CAN yang sangat cepat. Kekuatan otak BEG harus mengintegrasikan bakat individu Piëch GT ke dalam entitas baru penentu kecepatan yang memiliki kenikmatan berkendara total yang tertulis di seluruh bodinya yang ramping.

“Kita tidak akan mampu mengembangkan sel kita sendiri,” Moers mengakui, “tapi kita bisa membeli baterai terbaik yang ada di pasaran. Kita juga tidak bisa mendanai megabrain bertenaga byte itu, tapi kita bisa membeli baterai yang terbaik. keahlian yang telah dibantu oleh orang lain untuk membangunnya. Pada akhirnya, perpaduan itulah yang membuat perbedaan. Dan sebagai sebuah tim, kami yakin bahwa perpaduan yang sangat istimewa ini tepat dalam lebih dari satu cara.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Live Casino

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik